Jokowi Mau Genjot Infrastruktur Pariwisata, Buat Apa Sih?

Dinas Pariwisata Kabupaten X telah lama berupaya mengembangkan industri pariwisata. Banyak kegiatan yang dilakukan, tidak hanya yang berkaitan dengan kegiatan pengembangan saja tetapi juga kegiatan yang membangun perekonomian, sosial serta budaya di mana objek wisata itu berada. Dalam melaksanakan kegiatan tersebut tidak lepas dari pentingnya peran Public Relations dalam menyukseskan program yang telah direncanakan. Indonesia berusaha untuk mengembangkan dan memajukan sektor pariwisata ini. Hal ini didukung oleh letak Indonesia yang strategis, yaitu terletak diantara dua benua dan dua samudera serta berada di bawah garis khatulistiwa sehingga Indonesia beriklim tropis, sangat mendukung untuk pengembangan pariwisata. Hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun manca negara untuk berkunjung ke Indonesia .

Contoh bentuk pengembangan ekonomi kreatif sebagai penggerak sektor wisata dapat dilihat pada Tabel 1. Agrowisata hadir untuk melengkapi wisata kuliner dalam memperkuat kinerja sector pariwisata Indonesia dengan menawarkan penyegaran tubuh, menghilangkan kejenuhan, ajakan teman atau keluarga, dan mencari hiburan atau bermain. Kalangan industri pariwisata mengakui keberadaan pertanian berbasis kearifan lokal diperlukan untuk mendukung pariwisata berkelanjutan.

“Indonesia, there is more to it than Bali”, “Indonesia, Bali and Beyond”, serta “Indonesia, Bali plus Nine” yang dihembuskan seiring dengan pembentukan 10 daerah tujuan wisata dalam Rencana Pembangungan Lima Tahun III Pariwisata Indonesia. Oleh karena itu, fokus pada mempelajari Bahasa Inggris akan membantu mengatasi keadaan ini. Halangan bahasa ini adalah alasan mengapa sejumlah warga Singapura lebih memilih Malaysia ketimbang Indonesia sebagai tempat tujuan wisata mereka. Kebanyakan turis asing yang datang ke Indonesia berasal dari Singapura, diikuti oleh Malaysia dan Australia.

Produk industri pariwisata tidak mempunyai standar atau ukuran yang objektif, seperti halnya dengan industri manufaktur yang mempunyai ukuran panjang, lebar, dan lain-lain. Patokan yang digunakan dalam industri pariwisata hanya berupa puas atau tidaknya seorang wisatawan akan pelayanan yang diberikan. Produk industri pariwisata tidak dapat ditimbun seperti halnya yang terjadi pada industri barang lainnya, di mana penimbunan hanya merupakan kebiasaan untuk meningkatkan permintaan.

Wisatawan hanya sekedar datang dan pulang tanpa membawa sesuatu untuk dikenang atau untuk dipromosikan pada calon wisatawan lainnya. Bentuk-bentuk ekonomi kreatif selalu tampil dengan nilai tambah yang khas, menciptakan “pasar”nya sendiri, dan berhasil menyerap tenaga kerja serta pemasukan ekonomis. Departemen Pedagangan Republik Indonesia memanfaatkan momentum ini dengan menyusun Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif 2009 – 2015.

Hal itu membuat pihaknya terus melakukan pendampingan supaya produksi kerajinan kedepan menjadi atraksi wisata yang menarik pengunjung. Pengembangan E-tourism rencananya akan didanai oleh Direktorat Jendral Perguruan Tinggi melalui hibah yang ia menangkan. Selain Herlina, Bola Online terdapat 19 dosen lainnya di IBI Darmajaya yang berhasil memenangkan hibah Dikti untuk anggaran 2015. Ini menjadi prestasi yang membanggakan, sekaligus menjadi bukti bahwa Darmajaya tak hanya unggul dalam pengjaran tetapi juga penelitian dan pengabdian masyarakat.

Mencoba mengembangkan industri pariwisata di Indonesia

Hal ini disebabkan rasa jenuh akibat karantina diri yang terlalu lama sehingga kecenderungan orang ingin ‘balas dendam’, bernostalgia, dan relaksasi dengan alam . Sertifikasi ini bertujuan untuk menegakkan serangkaian protokol kesehatan berdasarkan Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan,. Diperkenalkan pada Agustus 2020, program sertifikasi diluncurkan bersamaan dengan kampanye InDOnesia CARE, yang diprakarsai oleh Kemenparekraf. Kampanye tersebut dibuat untuk meningkatkan ekonomi lokal melalui promosi dan penegakan protokol kesehatan yang ketat. Pentingnya keberlangsungan industri pariwisata mendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersolek untuk menciptakan industri pariwisata yang tak hanya semakin digemari namun sejalan dengan Tujuan Pembangunan berkelanjutan . Segala aturan terkait pariwisata disesuaikan untuk mendukung agenda PBB tersebut dalam satu kali dayung.

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari rantai nilai bisnis industri perjalanan dan pariwisata yang dapat diluncurkan oleh seorang wirausahawan dengan sedikit atau tanpa modal awal adalah memulai running a blog tentang topik perjalanan dan pariwisata terkait. Di sisi lain persamaan, penduduk setempat dapat menggunakan keakraban mereka dengan daerah lokal sebagai sarana untuk menarik wisatawan dan konten tersebut menjadi pusat informasi yang digunakan oleh para wisatawan. Sewa properti dapat menciptakan aliran pendapatan yang andal, terutama jika Anda tinggal di kota yang memiliki banyak pariwisata atau memiliki jenis properti unik untuk ditawarkan kepada masyarakat umum. Di period digital seperti sekarang, masyarakat kian membutuhkan konten hiburan berkualitas setiap harinya.

Sementara itu, Chief Executive IMF 2021, Mimi Zulaikha menjelaskan, IMF 2021 diselerenggarakan secara secara hybrid yaitu daring dan luring. Untuk kegiatan luring, delegasi Indonesia akan tampil secara reside dan ditonton oleh penonton terbatas di Ndalem Purwohamijayan, Solo. Dan untuk event secara daring, delegasi Indonesia dan manca negara menampilkan karya mereka melalui video pertunjukan. Raffi Ahmad mulai terjun ke dunia bisnis dengan menjalin kerja sama bersama MNC Group. Sementara itu, Chief Executive IMF 2021, Mimi Zulaikha menjelaskan, untuk kegiatan luring, delegasi Indonesia akan tampil secara live dan ditonton oleh penonton terbatas di Ndalem Purwohamijayan, Solo.

Leave a Reply