Bantu Pulihkan Industri Pariwisata Nasional, Ini Yang Akan Dilakukan Ipi

Perubahan-perubahan kearah positif, lanjut Yahya, dapat dilakukan oleh CEO yang melihat perkembangan di setiap sektor. Sedikit mundur masuk ke periode sebelum itu, HN Sieburgh tentu pantas disebut. Seperti diketahui sejak 1837 – 1841 pelukis Belanda itu telah menyusuri situs-situs candi penting di seluruh Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sieburgh mendokumentasikan aneka rupa candi itu ke dalam lukisan dan tulisannya, antara lain seperti Borobudur, Prambanan, Sukuh, Singhasari, Jaso, Kidhal, dsbnya. Walhasil, masih merujuk Denys Lombard, saat itu berdarmawisata ke Borobudur dan Prambanan telah jadi kebiasaan warga Eropa. Bahkan mereka yang fisiknya kuat tak jarang mau bersusah payah untuk mendaki ke Sukuh dengan maksud melihat arca mitologi Garuda yang tersohor itu.

Sejumlah stakeholder terkait termasuk asosiasi, industri, dan para pemangku kebijakan telah duduk bersama-sama untuk menemukan solusi dari permasalahan coronavirus. Khusus di sektor pariwisata, pemerintah sudah mengajak para direksi perusahaan penerbangan untuk sama-sama mengantisipasi adanya kekosongan kursi pesawat yang bakal ditinggalkan turis China. Jumlah investasi yang mengalir ke pemerintah wilayah wajib menghasilkan moratorium ataupun ketentuan kontrol industri perhotelan buat melindungi penyeimbang pasokan serta permintaan di industri pariwisata.

Bagaimana keadaan pariwisata Indonesia

Nama baik pariwisata sangat berpengaruh bagi ketertarikan wisatawan asing untuk tetap datang ke Bali pasca pandemi corona ini. Memasuki eranew normalseperti saat ini, salah satu sektor wisata yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan ialah wisata alam. Hal tersebut lantaran kondisi terbuka di wisata alam membuat risiko lebih rendah saat berwisata di tengah pandemi. Oleh sebab itu, Indonesia dengan berbagai kekayaan alam yang melimpah sejatinya dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata.

Tulamben dengan spot diving-nya yang terkenal di seluruh manca negara, sea wreck USAT Liberty, yang bisa dikatakan tidak pernah sepi pengunjung, sekarang seakan menjadi desa mati. Tidak ada lagi wisatawan selam yang hilir mudik di sepanjang jalan raya Tulamben. Tidak ada lagi porter-porter pengangkut alat selam yang tiap harinya selalu sibuk melakukan tugasnya membantu ratusan penyelam. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengungkapkan, untuk mendorong kunjungan wisatawan asing maupun domestik saat ini tidak terlepas dari pademi Covid-19 yang telah memasuki tahun kedua. Selain inovasi tersebut, Traveloka juga meluncurkan kampanye Clean Partners demi membantu para mitra untuk menerapkan protokol kesehatan dan membantu pengguna saat menentukan pilihannya. Busyra mencontohkan, Pegipegi telah memiliki fitur filter Clean & Safe untuk memudahkan pelanggan untuk mencari hotel/akomodasi yang telah menerapkan protokol kesehatan.

Apabila pemerintah lambat dan tidak serius dalam mencegah penyebaran COVID-19, dan apabila terdapat pelonjakan kasus-kasus baru, maka prediksi waktu yang telah disebutkan di atas tentu menjadi tidak berlaku lagi. Pemprov Bali juga berencana mempertahankan keterlibatan masyarakat dalam penerapan protokol di desa-desa. Ketersediaan fasilitas kesehatan juga akan dijamin untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi.

Adanya pandemi COVID-19 ini juga membuat semua orang makin dekat dengan penggunaan web dan teknologi. Banyak survei yang telah menyebutkan, bahwa calon wisatawan menginginkan Slot Online Terpercaya proses reservasi yang mudah dan cepat. Untuk itu, jika destinasi wisata Anda belum memiliki platform digital untuk berpromosi dan sistem reservasi, segeralah untuk membuatnya.

Pemerintah memang telah menutup aktivitas wisata selam di berbagai destinasi wisata, termasuk di kawasan Indonesia timur. Pandemi COVID-19 membuat banyak sektor ekonomi menjadi lumpuh, termasuk sektor pariwisata. Lebih lanjut, ia menjelaskan, kondisi perekonomian Bali saat ini juga sangat memprihatikan. Pada 2020 lalu, Bali menjadi provinsi terbawah dari 34 provinsi dengan tingkat pertumbuhan ekonomi paling rendah hingga -9%. Tahun baru 2021 sebentar lagi akan tiba, diprediksi wisatawan lokal ataupun domestik akan membanjiri obyek-obyek wisata di daerah , kita berharap hal ini tetap berada dalam suasana pelaksanaan protokol kesahatan yang terlaksana dan terawasi dengan baik.

Leave a Reply