Bagaimana Sektor Pariwisata Indonesia Bertahan Di Tengah Pandemi Corona

Menurut Anas, Banyuwangi mendapat penghargaan UNWTO karena pemerintah daerah dinilai berhasil menggerakkan pariwisata. Banyuwangi menjadikan daerah sebagai “produk” yang mesti dipasarkan potensi wisatanya. “Data wisatawan ini diverifikasi dari lodge dan pengelola destinasi wisata,” papar Anas.

Meski saat ini citra pariwisata Indonesia cukup buruk di mata dunia Internasional, namun hal tersebut tidak seharusnya mengendurkan semangat pelaku bisnis pariwisata untuk bangkit dari keterpurukan. Pasalnya, tidak hanya Indonesia, negara-negara lain di seluruh dunia pun kini juga terdampak pandemi dan sama-sama tengah berjuang untuk kembali memperbaiki citra pariwisata di negaranya. VietnamMelalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Indonesia mempromosikan diri sebagai tujuan wisata untuk turis-turis asing dengan kampanye “Wonderful Indonesia”. Titik kedatang kedua adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, terletak dekat dengan Ibukota Jakarta. Banyak turis memulai liburan mereka dengan tinggal beberapa hari di Jakarta sebelum berkunjung ke wilayah-wilayah lain dari Indonesia.

Kami berharap dengan penegakan standar kewaspadaan dan disiplin dari penyelenggara pariwisata dalam skrining wisatawan akan memberikan nilai dan daya ungkit untuk bangkitnya industri pariwisata di Indonesia. Wisatawan yang datang terjamin kesehatannya, dan kembalinya pun sehat,” ungkap Vivi Setiawaty. Dia berharap, ke depannya semua sektor yang berhubungan dengan industri pariwisata terus berbenah dan bersinergi demi mewujudkan goal yang akan dicapai pada tahun 2019 tersebut. “Semua unsur yang menjadi kelemahan terus kita perbaiki dengan melibatkan stakeholder, pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, pers, dan komunitas masyarakat atau sebagai kekuatan penta helix.

Mulai dari panorama alam hingga kulinernya memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak bisa disamai daerah lain di Indonesia. Namun demikian, tidak banyak yang mengetahui destinasi wisata di Makassar yang asyik dan keren itu. Banyak yang mengetahui wisata ngehits seperti Pantai Losari dan Trans Studio Makassar. Padahal tidak sedikit spot asyik dan destinasi menarik lain untuk dikunjungi, tidak hanya di Makassar, tapi juga di kota-kota lain di sekitarnya, seperti Gowa, Pangkep, Bulukumba, Jeneponto dan masih banyak lagi lainnya.

Namun hal itu yang kemudian membuat orang kembali berpikir untuk meningkatkan tarap ekonomi Indonesia agar lebih baik dan kembali meningkat seperti beberapa tahun sebelumnya. Tapi, kita sebagai warga lokal juga harus peduli dengan kebutuhan yang layak untuk para turis lokal ataupun luar. dengan menyediakan sarana transportasi sewa kendaraan, adanya tempat penginapan, tersedia aneka macam kuliner, pernak-pernik, hingga yang lainnya untuk membuat keragaman wisata lebih lengkap. Liburan seru ke jogja dengan Paket Wisata Jogja dari Naraharya Tersedia berbagai macam Paket Wisata Jogja 1 Hari dengan banyak pilihan objek wisata seru. Untuk bisa mengangkat Ubud sebagai destinasi gastronomi dunia juga perlu melewati tiga tahapan penting.

Jakarta, IDN Times – Pariwisata Indonesia benar-benar panen penghargaan internasional. Indonesia mampu membawa pulang tidak kurang dari 6 penghargaan dari whole 16 kategori. Penghargaan ini semakin melegitimasi Bandar Togel Online kualitas pariwisata Indonesia. Sandiaga Uno menyampaikan sejumlah poin untuk memulihkan sektor pariwisata saat memberikan sambutan di Rakernas PHRI. Dengan begitu, daya tarik pariwisata Indonesia makin lengkap nih.

Pariwisata Indonesia dimata dunia

Di samping itu, Kepala Negara juga membahas mengenai upaya pemerintah untuk mengatasi dampak wabah virus Corona terhadap sektor pariwisata. Salah satu upaya yang sedang dipertimbangkan oleh pemerintah adalah pemberian diskon atau insentif, baik untuk wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara . Sebagai contoh, Provinsi Bali yang merupakan provinsi dengan pendapatan terbesar berasal dari sektor pariwisata. Wishnutama mengakui jika masih ada sejumlah celah bagi pariwisata Bali sehingga membuatnya tidak cukup maksimal untuk kembali mengoperasikan sektor pariwisata di masa pandemi, terutama bagi wisatawan mancanegara.

Leave a Reply