Potensi Dan Kendala Pengembangan Pariwisata Indonesia

Danau Toba merupakan danau kawah kebanggaan Sumatera Utara sekaligus kebanggaan Indonesia. Danau Toba ditempatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia yaitu sekira 450 meter.

Frans mengharapkan masyarakat Indonesia khususnya pelaku usaha pariwisata akan mendapatkan perception atau pemahaman baru mengenai pengembangan dan penataan archipelago tourism dan marine tourism. Pemerintah Pemerintah mempunyai otoritas dalam hestanto.net.id pengaturan, penyediaan dan peruntukkan berbagai infrastruktur yang terkait dengan kebutuhan pariwisata.Pemerintah juga bertanggung jawab dalam menentukan arah yang dituju perjalanan wisata. Menurut Kusudianto bahwa suatu tempat wisata yang direncanakan dengan baik, memberikan keuntungan ekonomi yang memperbaiki taraf, kualitas dan pola hidup komunitas setempat, tetapi juga peningkatan dan pemeliharaan lingkungan yang lebih baik. Memajukan tingkat hidup masyarakat sekaligus melestarikan identitas budaya dan tradisi lokal. Website ini bukan milik perusahaan biro perjalanan melainkan milik individu-individu yang memiliki ketertarikan terhadap pariwisata di tanah air. Masih banyak loh potensi pariwisata kita yang belum terekspos atau bahkan belum dikembangkan.

Ekosistem terumbu karang yang merupakan salah satu ekosistem wilayah pesisir mempunyai peranan yang sangat penting baik dari aspek ekologis maupun ekonomis. Secara ekologis ekosistem terumbu karang merupakan tempat berbagai organisme yang berasosiasi dengannya untuk berlindung, mencari makan dan berkembang biak. Disamping itu keberadaan ekosistem terumbu karang dapat melindungi pantai dari gelombang dan abrasi. Sedangkan secara ekonomi, ekosistem terumbu karang yang indah merupakan objek wisata bahari yang menarik serta merupakan daerah ôfishing groundö yang potensial terutama bagi nelayan tradisional. Dari perspektif strategi kebudayaan, meningkatnya pengaruh globalisasi telah mereduksi nilai-nilai budaya nasional. Budaya lokal memiliki potensi dan peran sebagai budaya tandingan bagi dominasi budaya global Agen Bola Online yang dimitoskan sebagai sesuatu tidak bisa dielakkan.

Di sisi lain, masyarakat, pengelola destinasi wisata, dan wisatawan seringkali belum memahami betul dampak aktivitas wisata terhadap kerusakan lingkungan. Tata kelola destinasi wisata yang kurang baik, menjadikan destinasi wisata di Indonesia berbasis alam seringkali mendapatkan masalah, utamanya karena kebersihan dan kesehatan. Redemptus Rangga raditya selaku co-founder Rangkai Community mengatakan, Indonesia memiliki kekayaan wisata alam yang tinggi dan tersebar di banyak penjuru negeri. Namun tidak banyak yang menyadari bahwa masih banyak objek wisata yang belum diangkat dan dikenal banyak kalangan. Tidak hanya kekayaan alam bawah lautnya, Raja Ampat juga memiliki banyak hal menarik di atas permukaan lautannya.

Danau Toba sendiri memiliki legenda, seorang petani memiliki nama Toba yang menikah dengan ikan mas yang menyerupai manusia. Apabila wisatawan telah diberi teguran sebagaimana dimaksud pada ayat dan tidak diindahkannya, wisatawan yang bersangkutan dapat diusir dari lokasi perbuatan dilakukan. Pengelolaan dana kepariwisataan dilakukan berdasarkan prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas publik. Sertifikasi usaha sebagaimana dimaksud pada ayat dilakukan oleh lembaga mandiri yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Ketentuan lebih lanjut mengenai bentuk, keanggotaan, susunan kepengurusan, dan kegiatan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. sumber lainnya yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pariwisata sebagai salah satu sektor pembangunan tidak dapat dilepaskan kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan yang telah dicanangkan oleh pemerintah sesuai dengan tujuan pembangunan nasional. Pariwisata yang bersifat multisektoral merupakan fenomena yang sangat kompleks dan sulit didefinisikan secara baku untuk diterima secara common, sehingga menimbulkan berbagai persepsi pemahaman terhadap pariwisata, baik sebagai industri, aktivitas, maupun sistem. Pariwisata yang melibatkan pelaku, proses penyelenggaraan, kebijakan,supplydandemand, politik, serta sosial-budaya yang saling berinteraksi dengan eratnya, lebih realistis bila dilihat sebagai sistem dengan berbagai subsistem yang saling berhubungan dan mempengaruhi. Membayangkan hal ini, mengibaratkan negara sebagai wahana netral yang mengabdi pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan dalam sektor pariwisata merupakan kenaifan. Coba kita lihat bagaimana proses izin pengusahaan lingkungan untuk pariwisata yang banyak diterbitkan dan wilayah konservasi yang diturunkan statusnya, meskipun disamping itu juga terdapat legalitas yang menguatkan hak masyarakat atas alam mereka. Dalam konteks pariwisata berbasis alam yang menjadi tren pembangunan di tanah air serta berparalel dengan program pembangunan pariwisata nasional, alam telah ditempatkan sebagai komoditas utama.

Tapi ibunya tidak memberikannya air sehingga dia menjadi marah dan membuang air yang ada disana. Sebuah sumur muncul tiba-tiba dan makin membesar yang akhirnya membentuk Danau Siombun. Pantai Matras memiliki panjang mencapai three kilometer serta memiliki lebar sekitar 20 – 30 meter. Terletak di sebelah timur laut Pulau Bangka, tepatnya di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat.

Kekayaan alam pariwisata Indonesia

Atraksi sebagai daya tarik utama pada suatu destinasi pariwisata juga dapat dikembangkan dengan penyelenggaraan event-event budaya, olahraga, ataupun juga yang berkaitan dengan edukasi dan teknologi. Beberapa contoh event-event terkenal bertaraf internasional yang bisa mendatangkan banyak wisatawan diantaranya Rio de Jenairo Carnival di Brazil, Carnival in Venice di Italia, Dubai Expo di Uni Emirat Arab, dan yang lainnya. Sejak pandemi Covid-19 ini, beragam event-event pariwisata banyak yang dibatalkan, dan strategi pariwisata pun beralih dengan mengandalkan konsep MICE seperti pertemuan dan rapat-rapat yang pesertanya lintas negara. Pengembangan pariwisata dengan konsep MICE tersebut tentunya harus memenuhi Safe Management Measures untuk memastikan diterapkannya protokol kesehatan dengan ketat. Alam bawah laut Wakatobi memiliki 750 spesies karang dari 850 spesies yang ada di dunia.

Leave a Reply