Peran Teknologi Industri Pariwisata Modern Untuk Mendukung Objek Wisata Sejarah

MarkPlus akan menggelar Planet Tourism 2020 yang membahas industri pariwisata di period COVID-19 dan akan dihadiri 33 pembicara dari dalam dan luar negeri. Adapun hal tersebut merupakan nilai dasar yang harus diterapkan dalam upaya menghadapi tantangan krisis ekonomi dan kesehatan akibat pandemi COVID-19. “Tentunya dukungan dari Kemenko Perekonomian dan pemerintah pusat juga sangat nyata, kita menganggap BBK adalah ujung tombak investasi Indonesia ke depan. Oleh karenanya, kami akan menindaklanjuti terkait usulan-usulan yang telah disampaikan,” pungkas Wahyu.

Maknanya adalah tempat penampungan buat pendatang, jadi pada mulanya hotel memang diciptakan untuk meladeni masyarakat. Dapat disajikan information hasil observasi yang dilakukan di seluruh Kecamatan di Kabupaten Kupang selama Tahun 2018 dan knowledge pendukung dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2018 terkait dengan keberadaan Hotel, Rumah Makan ,Warung Makan dan Sanggar Kesenian. Namun jika dibandingkan kuartal II 2018, realisasi investasi di kuartal II mengalami peningkatan sebesar three,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017 yang sebesar Rp one hundred seventy,9 triliun. Badan Koordinasi Penanaman Modal menyatakan, ‎realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri dan Penanaman Modal Asing pada kuartal II (April-Juni) 2018 mencapai angka sebesar Rp 176,three triliun.

Tapi kenyataannya hingga saat ini Pariwisata di Bengkulu masih kalah dibanding daerah lain,” jelas Restu. Melihat peluang tersebut, Dinas Pariwisata telah menyiapkan sejumlah langkah untuk meningkatkan geliat industri pariwisata pada tahun ini. Salah satunya meningkatkan promosi melalui berbagai media dan menggalang kerja sama dengan pemerintah provinsi lain, utamanya Bali, yang menjadi salah satu pintu gerbang masuknya wisman ke Tanah Air. Pihaknya tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait destinasi super prioritas.

Apakah industri pariwisata berpotensi

Dari segi ekspor, industri kreatif telah membukukan complete ekspor 10,6% antara tahun 2002 hingga 2006. Setelah hampir sebagian besar wilayah di dunia terhubung pada era ekonomi informasi, tantangan globalisasi menjadi semakin nyata. Dalam konteks globalisasi, daya saing merupakan kunci utama untuk bisa sukses dan bertahan. Daya saing ini muncul tidak hanya dalam bentuk produk dalam jumah banyak namun juga berkualitas.

Kondisi ini pun menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Daerah dan Instansi terkait untuk mengubah kawasan wisata, khususnya objek wisata sejarah, agar menarik untuk dikunjungi. Di sisi lain, tempat wisata sejarah bukan hanya sebagai tempat rekreasi saja, lebih dari itu juga dapat menjadi tempat penelitian untuk menggali peristiwa di masa lalu dan tentunya akan berguna bagi masyarakat. Teknologi industri pariwisata kini semakin berkembang dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan di atas. Kemenparekraf mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif memanfaatkan berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Itu adalah upaya mitigasi untuk mempercepat pulihnya perekonomian sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kabupaten Batang dengan letak geografis yang memiliki laut, pegunungan sangat potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi tempat wisata yang jarang dimiliki oleh daerah lain, hanya saja belum dimaksimalkan untuk mengeksplorasi alam sebagai tujuan wisata. Seni kriya merupakan salah satu sub sektor yang menjadi ciri khas Bangsa Indonesia dan sangat dekat dengan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Asosiasi Travel Agent Indonesia memprediksi potensi kerugian sektor industri pariwisata akibat dari virus corona mencapai puluhan miliar per bulan karena anjloknya turis dari China.

Untuk itu, pemerintah terus mendorong realisasi investasi, terutama untuk data middle, sebagai upaya meningkatkan dan mengembangkan ekonomi digital. “Kita juga sudah memiliki tenaga ahli yang selama ini membantu pengembangan ekowisata sehingga diharapkan dapat berkolaborasi juga bersama pihak sekolah dalam membangun manajemen destinasi wisata, industri pariwisata, dan industri perhotelan,” tutur Ishak. Sangat menarik untuk dicatat bahwa ada banyak orang di luar sana yang menghasilkan banyak uang setiap tahun dari blogging Bandar Togel Online. Program ini, menurutnya juga akan menumbuhkan rasa percaya diri bagi industri pariwisata Bali. Selain itu, nantinya masyarakat dari dalam maupun luar negeri akan melihat Bali sebagai destinasi wisata yang sudah aman untuk dikunjungi.

Target ini beralasan, sebab tidak hanya kasus Covid-19 yang stabil terjaga namun vaksin terhadap pelaku pariwisata serta masyarakat Bali sudah terdistribusi dengan baik. Sebelumnya, kabar baik bagi pelaku pariwisata di Bali datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno usai melakukan rapat koordinasi dengan Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster di rumah jabatan Gubernur, Denpasar, baru-baru ini. Namun demikian, imbau Demer, seluruh komponen pariwisata Bali harus tetap beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19. Jangan sampai, euforia pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara membuat terlena.

Leave a Reply