Masyarakat Didorong Kembangkan Tanaman Bernilai Ekonomis

Selain promosi melalui digital dan media sosial, pihaknya juga tetap berupaya menjalin kerja sama pariwisata dengan negara lain, baik dengan pemerintahnya (government-to-government/G2G) maupun dengan industri pariwisata (government-to-business/G2B). Namun demikian, pelonggaran PSBB yang diberlakukan oleh beberapa pemerintah daerah membuat perlahan geliat ekonomi nasional mulai bergerak. Terakhir, ujarnya, Pemerintah Provinsi Bali membuka kembali sektor pariwisata untuk wisatawan nusantara. Taufan yang juga penulis buku Protokol Destinasi ini berpendapat bahwa desa wisata bisa menjadi opsi dari new regular destination. “Ketika wisatawan lokal di bosan di rumahnya, selain staycation di hotel misalnya, dia bisa jalan-jalan ke desa wisata. Dengan desa wisata bisa maju paling tidak UMKM, mesin daripada ekonomi di bisnis mikro,” jelas Taufan.

Di masa istirahat ini, Anda dapat mereview atau meninjau ulang strategi pemasaran yang telah dan akan dilakukan. Adanya pandemi COVID-19 dan imbauan akan bodily distancing ini bukan berarti membuat para pengelola destinasi wisata tidak melakukan apa-apa. Justru di masa ini, harusnya dapat menjadi momentum bagi pengelola untuk melakukan peremajaan destinasi dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia. Dalam pandangan kami, pergerakan wisatawan pascapandemi COVID-19 ini akan dimulai dari jarak yang dekat.

Pariwisata disaat pandemi

Tidak heran, industri pariwisata menjadi sektor yang paling berdampak selama pandemi ini. Itulah delapan strategi promosi destinasi wisata yang dapat Anda lakukan di tengah pandemi COVID-19 ini. Jika melihat linimasa sosial media, pascapandemi COVID-19 akan menjadi momen bagi semua orang untuk melakukan ‘balas dendam’ dengan kembali menghirup udara segar alam, berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, dan melakukan perjalanan wisata. Untuk itu, pengelola destinasi wisata perlu memastikan bahwa produk dan jasa yang ditawarkan telah sesuai dengan harapan wisatawan.

Masing-masing pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kabupaten mengeluarkan peraturan daerah melalui surat edaran sebagai tindak lanjut keputusan pemerintah pusat terkait PPKM. Salah satunya Kepala Dinas Pariwisata DIY, telah menerbitkan Surat Edaran yang meminta sektor pariwisata untuk memastikan penerapan protokol kesehatan. Selain diatur melalui SE Dispar, masing-masing Dispar Kabupaten atau Kota turut mengeluarkan aturan lebih lanjut. Seperti Dispar Kabupaten Gunungkidul yang memberlakukan syarat surat keterangan negatif Covid-19 berupa hasil speedy take a look at antigen untuk wisatawan selama PPKM ini.

Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan Konsultan Mitra Justika. Melakukan upaya-upaya untuk mendukung keberlangsungan industri, seperti pembelian katering dari hotel-hotel dan restoran yang terdampak akibat sepinya wisatawan untuk disalurkan kepada keluarga yang work from home/keluarga kurang mampu/dokter dan perawat di rumah sakit. Pandemi COVID-19 begitu dahsyat menghajar segala sendi kehidupan masyarakat dunia. Kemampuan ekonomi negara seakan terjun bebas, semua berpikir dan berusaha keras bagaimana bertahan di tengah situasi yang tidak pasti ini. Tetapi dibalik semua itu, alam justru diberikan kesempatan oleh Sang Ilahi untuk menyembuhkan dirinya yang selama ini sakit karena ulah manusia.

Di tengah upaya bersama untuk menghentikan penyebaran Virus Covid-19, pemerintah mulai menggerakan perekonomian dan mendorong daya beli masyarakat. Melalui pariwisata diharapkan masyarakat dapat memulai aktifitas dengan adaptasi kebiasaan baru, menikmati rekreasi sebagai sarana hiburan, namun tetap mentaati protokol kesehatan. Ketergantungan UMKM terhadap sektor pariwisata di berbagai destinasi sangat besar, untuk itu perlu dijaga agar industri lodge dan restoran dan transportasi udara/laut dijaga agar memudahkan pergerakan domestik sebagai andalan pergerakan ekonomi. Di sisi lain, pemerintah juga berupaya untuk menjaga kegiatan wisata selama pandemi dengan mengeluarkan berbagai protokol kesehatan, seperti protokol hotel, restoran, maupun wisata alam.

Penggunaan Kata Baku sejauh ini baru berlaku di dunia akademis atau penulisan karya ilmiah. Sementara di media massa, apalagi dalam praktik penulisan sehari-hari, masih banyak orang yang menulis Kata Tidak Baku. • Mendorong akomodasi di seluruh dunia untuk menurunkan jumlah penggunaan plastik sekali pakai merupakan tujuan utama dari para wisatawan dunia di masa depan. • 75% wisatawan mengakui kalau mereka merasa lebih yakin untuk memilih sebuah akomodasi apabila tempat tersebut memiliki citra ramah lingkungan (eco-label).

Menurut riset yang dirilis oleh US Travel Association, segmen psikografis yang berani untuk melakukan perjalanan wisata secara demografis lebih didominasi oleh generasi milenial dan Z. Sebaliknya generasi baby boomers atau senior traveler lebih memilih untuk menunggu situasi aman terkendali. Pandemi COVID-19 ini memberikan insight bahwa terdapat dua segmen pasar psikografis besar yang dapat kita perhatikan yaitu orang-orang yang takut untuk melakukan perjalanan wisata dan orang-orang yang sama sekali tidak takut dengan isu COVID-19 ini. Jadi kalau destinasi siap dibuka kembali, segmen yang kedua ini yang bisa kita bidik terlebih dahulu secara psikografis. “Memang untuk goal Daftar Togel Online pencapaian kunjungan wisata sempat terganggu disaat pandemi ini. Namun kita juga menerapkan target setelah pandemi Covid-19 ini, setelah obyek wisata kembali dibuka. Bahkan goal setelah pandemi ini sudah mendekati target sebelum pandemi,” katanya. “Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, kami sempat memberikan diskon 30 persen sampai Agustus 2020 lalu dan saat ini sudah kembali normal,” katanya.

Apabila pemerintah lambat dan tidak serius dalam mencegah penyebaran COVID-19, dan apabila terdapat pelonjakan kasus-kasus baru, maka prediksi waktu yang telah disebutkan di atas tentu menjadi tidak berlaku lagi. Kebijakan bebas visa kunjungan dari negara-negara tersebut harus ditinjau kembali demi lebih berkualitasnya wisatawan mancanegara yang masuk berlibur ke Indonesia. Mengambil pengalaman dari kasus corona, wisatawan dari negara/daerah yang sudah pernah atau rentan terkena wabah penyakit harus melalui seleksi yang sangat ketat untuk mendapatkan izin masuk/visa ke Indonesia. Ini tidak saja membutuhkan anggaran yang banyak tetapi juga pendampingan yang intensif, sehingga pembenahan destinasi yang dilakukan sesuai dengan normal world manajemen destinasi pariwisata yang berkelanjutan. “Saya selalu menghargai jurnalisme berkualitas dan saya percaya industri media yang kuat sangat penting bagi masyarakat demokrasi,” kata Pichai. “para pelaku pariwisata tidak hanyut tenggelam dalam keadaan tersebut”ungkap Menparekraf Wisnutama.

Leave a Reply