Ini Dia Pattern Wisata Di Tengah Pandemi

Atau tentang cerita rakyat, sejarah, dan filosofi mengenai daya tarik/destinasi wisata yang Anda kelola. Pada intinya, dalam berpromosi di sosial media, kekuatan cerita menjadi kuncinya. Storytelling juga dapat digunakan untuk meningkatkan apresiasi wisatawan terhadap kekayaan alam dan budaya di destinasi wisata.

Sebab industri pariwisata menggandeng beragam bisnis, mulai dari transportasi, resor, lodge, restoran, hingga UMKM. Jika terus dibiarkan, negara bisa mengalami kerugian akibat industri pariwisata yang terus anjlok. Pariwisata internasional yang terus bertumbuh adalah salah satu industri yang paling signifikan menaikkan kondisi ekonomi dunia sejak tahun 1950-an. Sama seperti desa wisata yang lain, destinasi wisata di Desa Wisata Nglanggeran ditutup untuk sementara sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan selama pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 merupakan momentum baik untuk memikirkan kembali bagaimana seharusnya model ini dijalankan, misalnya bagaimana pemikiran wisatawan tentang kebersihan dan kesehatan destinasi paska Pandemi Covid-19. Ada kemungkinan wisatawan menuntut perhatian lebih dalam hal kebersihan, bahkan hingga penyediaan alat cuci tangan. Hal tersebut harus diantisipasi oleh pengelola CBT/CBET jika akan membuka kembali destinasi wisatanya. Pandemi corona virus boleh jadi akan berakhir, namun tidak ada jawaban pasti kapan pandemi berikutnya akan kembali. Kita harus bangga berwisata di Indonesia dan gerakan-gerakan seperti beli kreatif lokal harus menjadi kebiasaan ketika berwisata. Untuk beberapa destinasi khusus kita siapkan dengan pola pengembangan kawasan ekonomi khusus berbasis pariwisata.

Beberapa daerah di Indonesia dinyatakan masuk dalam zona merah dan diberlakukan PSBB . Pemberlakuan PSBB demi mengendalikan penularan pandemi mengakibatkan lumpuhnya banyak sektor ekonomi, termasuk sektor pariwisata. Tapi, juga perlu dikembangkan informasi dan teknologi komunikasi sehingga terbentuk paradigma industri pariwisata 4.0. Selain itu, personalized Deposit Pulsa Tanpa Potongan method harus jalan dengan orientasi lingkungan, perilaku wisatawan, sosio kultur, sama profit ekonomi. Saluran pemasaran dapat dibentuk melalui dua cara, yaitu langsung dan tidak langsung. Saluran pemasaran langsung dapat dilakukan dengan mendatangkan wisatawan tanpa melalui perantara.

Lokasi amenity yang berdekatan dengan destinasi wisata akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para wisatawan. Selain lokasi yang strategis, perlu pula diperhatikan penetapan harga yang wajar dan kompetitif sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Misal saja seperti restoran atau rumah makan yang mematok harga tinggi ataupun tidak menyediakan informasi harga, maka wisatawan yang makan disitu bisa saja merasa keberatan atau bahkan merasa tertipu. Bila hal ini terjadi maka akan berdampak buruk pada destinasi wisata utama yang ada di daerah tersebut.

Walaupun sebutannya pelayanan tambahan, tetap saja ancillary ini memiliki daya ungkit untuk menambah kedatangan wisatawan ke destinasi wisata. Bak kata pepatah “ada gula ada semut” maka ancillary ini akan memberikan rasa manis yang berbeda dari gula-gula lainnya. Nilai tambah inilah yang akan memperkuat keyakinan wisatawan untuk datang berkunjung.

Pariwisata disaat pandemi

Terlebih banyak negara yang memperketat warganya bepergian ke luar negeri dan sibuk berbenah mengatasi dampak pandemi ini. Sektor pariwisata memang sepertinya mati suri dan ditambah lagi banyak pelaku usahanya yang beralih ke sektor lain untuk menyambung hidup. Namun kita harus tetap optimis bahwa “badai pasti berlalu”, kehidupan regular pasca pandemi akan datang pada waktunya, dan di saat itulah pariwisata akan tumbuh kembali.

Tantangan yang berat dirasakan oleh pelaku ekonomi kreatif di lapangan, “Pekerja film seperti saya dan teman-teman sejak Maret memang tidak boleh melakukan aktivitas pembuatan film. Baru saat mulai memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar Transisi, pekerja film mulai berproduksi dalam protokol yang sangat ketat” ungkap Lola Amaria, Sutradara Film. Melakukan upaya-upaya untuk dapat memberikan dukungan/kompensasi berupa bahan makanan pokok kepada para pekerja informal yang terkait langsung dengan destinasi wisata yang ditutup. Jadi, apa yang harus dilakukan jika kamu seorang siswa yang belajar di bidang perhotelan, perjalanan, industri pariwisata. Jika kamu baru memulai studimu atau akan memulainya dalam waktu dekat, kamu mungkin baik-baik saja karena setidaknya bulan sebelum Anda lulus keadaan sudah menjadi lebih baik. Jika kamu adalah lulusan baru atau profesional muda di industri ini, mungkin ada baiknya untuk mempertimbangkan pilihan studi lebih lanjut atau studi pascasarjana.

Leave a Reply