Industri Pariwisata Di Depok Berpotensi Lebih Maju

Hanya sebatas mendapat laporan saja, berupa siapa yang menerima dan berapa banyak yang dikucurkan ke suatu daerah. Sementara pelaksanaannya ada di Kementerian Keuangan dalam pengawasan Kementerian Dalam Negeri. Meski demikian, Wishnutama mengaku akan menyiapkan strategi untuk menarik para wisatawan ke Indonesia. Sebab, negara-negara lain diprediksi juga mulai mempromosikan pariwisatanya pasca corona berakhir. Penduduk desa India mendirikan sebuah kuil untuk “dewi corona” dan memanjatkan doanya dengan harapan dibebaskan dari virus. Sementara, stiker warna merah untuk pengunjung dengan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius.

Namun, berbagai upaya tersebut tak lepas dari penerapan protokol CHSE di destinasi-destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif. Termasuk, penerapan kebijakan sertifikasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan di setiap kawasan wisata dan industri pendukungnya. Hal itu merupakan langkah yang tepat untuk memulai kebangkitan sektor pariwisata di masa pandemi. Kebijakan perluasan cakupan sektor itu diterapkan hingga melingkupi industri pariwisata dan ekonomi kreatif, setelah kalangan industri mengusulkan agar pemerintah memperluas sektor yang mendapat insentif pajak. Pelaku usaha sektor pariwisata, terutama sektor perhotelan, diminta fokus memanfaatkan kegiatan rapat-rapat yang dilakukan pemerintah selama masa PSBB diterapkan.

Meskipun sedikit, di Indonesia ada kelompok Muslim radikal yang percaya tidak hanya Islam harus menjadi satu-satunya panduan hidup namun juga bersedia menggunakan tindakan-tindakan ekstrim untuk mengubah dan menghancurkan kondisi-kondisi yang ada saat ini. Dan ternyata kebijakan ini terbukti mampu berangsur-angsur meningkatkan kepercayaan dari wisatawan terhadap kualitas layanan kebersihan yang diberikan selama mereka berwisata. Aktivitas wisata di berbagai belahan dunia pun diperkirakan anjlok sampai 90%.

Peningkatan peran dari Pokdarwis yang tersebar di seluruh desa wisata diharapkan dapat menjadi agen perubah , motor penggerak masyarakat dalam membangun industri kreatif di desa, sekaligus menginisiasi gerakan bersama menjaga destinasi pariwisata. Oleh karena itu, fokus pada mempelajari Bahasa Inggris akan membantu mengatasi keadaan ini. Halangan bahasa ini adalah alasan mengapa sejumlah warga Singapura lebih memilih Malaysia ketimbang Indonesia sebagai tempat tujuan wisata mereka. Kebanyakan turis asing yang datang ke Indonesia berasal dari Singapura, diikuti oleh Malaysia dan Australia. Ketiadaan wisatawan, baik domestik maupun internasional, membuat usaha di bidang kepariwisataan kalang-kabut di antara hilangnya potensi bisnis dan tidak jelasnya kapan situasi pandemi ini berakhir.

Apakah industri pariwisata berpotensi

Bisnis pariwisata yang sukses hanya berfokus pada menarik pelanggan ideal yang paling menguntungkan . Mereka yang mencari untung dari rumah dapat merambah pemasaran online dimana mereka menjual kembali barang-barang khusus lokal yang memungkinkan konsumen mendapatkan akses ke hal-hal yang dulunya tidak dapat diakses. Lebih jauh lagi, menciptakan bisnis dengan gagasan wisata berpemandu membutuhkan modal yang sangat sedikit untuk dilakukan.

Walaupun pariwisata bisa me­ning­katkan industri kreatif, namun di sisi lain keuntungannya industri kreatif bisa men­jadi industri pari­wisata. Industri kreatif selain jadi tempat pro­duksi bisa juga digu­nakan sebagai wisata edukasi. Fe­nomena seperti sudah biasa terjadi, dimana lokasi industri kreatif bisa menjadi objek pariwi­sata.

Permintaan tersebut terkait dengan beragam kegiatan pengumpulan massa terlihat massif dan tidak ada sanksi tegas atas perilaku masyarakat di tengah terus tingginya peningkatan kasus Covid-19 serta rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan. Selain objek wisata, Pemrov DKI juga telah mengizinkan dibukanya pusat perbelanjaan sejak 15 Juni 2020. Namun, pemerintah memberikan catatan keras untuk pengelola agar tidak membuka tempat bermain, tempat permainan anak temporer, tempat kebugaran atau health Situs Bola Online middle, bioskop, tempat pameran/pagelaran seni hingga operate corridor.

Oleh karenanya, Kemenkop UKM mendukung pelaku UKM yang telah terjun pada bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif maupun yang baru saja memulai untuk terus konsisten membangun usahanya. Jauh sebelum pimpinan KADIN mengajukan rekomendasi, Pemerintahan Jokowi-JK memang telah lebih dahulu memberikan perhatian besar pada sektor pariwisata. Dengan demikian, rekomendasi KADIN itu mengindikasikan bahwa para pelaku usaha itu masih kesulitan membaca kecenderungan bisnis di tengah ketidakpastian pelambatan ekonomi international yang diperparah oleh perang dagang AS-Cina belakangan ini. Sebagai pelaku bisnis, para pengurus KADIN itu tahu benar bahwa pariwisata terbukti bisa bertahan di tengah fluktuasi ekonomi dunia, paling tidak selama 15 tahun terakhir. Hadirnya Bekraf merupakan jawa­ban untuk meningkat­kan indus­tri kreatif di era digital yang kian pesat. Bekraf mempunyai visi mem­bangun Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dalam ekonomi kreatif pada 2030 nanti.

Leave a Reply