Begini Percakapan Anies Dengan Bocah 14 Tahun Yang Bantu Orang Tua Berjualan Pecel Lele Malam Hari

Pertama, pada degree pendidikan dasar dan menengah, harus terdapat kurikulum yang mengajarkan tentang kewirausahaan. Kedua, entrepreneur harus diciptakan dan dikembangkan dan pada degree perguruan tinggi. Ketiga, harus terdapat gerakan nasional pelatihan kewirausahaan yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat, agar gerakan ini dapat menjangkau masyarakat luas yang barada di luar bangku sekolah. Kalau pengusaha punya omzet di atas Rp 50 miliar itu pasti pernah ditipu orang.

Sehingga Anda pun tidak akan terlalu terbeban dan lebih mudah dalam menjalankan usahanya. Maka dari itu, sebelum Anda memulai usaha, mintalah restu dari ayah dan ibu di rumah. Jangan diam-diam melakukannya karena akan membuat orang tua marah dan kecewa. Jika kamu serius menjalankan bisnis ini, dalam waktu yang singkat saja bisnis kamu ini sudah bisa bertumbuh dan menjadi lebih besar dari sebelumnya. Memanfaatkan kreatifitas terbaikmu untuk mendapatkan lebih banyak klien, agar kamu bisa mendapatkan banyak uang. Pulsa menjadi salah satu kebutuhan yang sudah tidak bisa ditiadakan untuk sebagian besar orang.

Sering kali seseorang pegawai yang membangun bisnis sambil bekerja akhirnya pun mendapatkan keuntungan yang melebihi pendapatan mereka dari tempat bekerja, sangat menarik, bukan? Mungkin karena inilah banyak pegawai yang mulai memikirkan untuk mendirikan sebuah usaha di samping bekerja sebagai karyawan. Dalam menekuni dan mengembangkan bakat, ada saat anak harus mulai menunjukkan hasil belajar dan melangkah masuk ke dalam ekosistem bakat. Puas bisa makan es nanas saja tidak cukup, karena saat tokoh anak bisa ‘menjual’ kepuasannya, teman-temannya pun bisa merasakan es nanas yang enak. Sama dengan hal tersebut, ada saat anak tak cukup berkarya sebagai kegemaran, namun melangkah lebih jauh, dengan ide yang menjual, sebagai arah kariernya kelak.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Tanamkan semua sumberdaya untuk menguatkan kekuatan bisnis/produk kita. , tapi bagi saya justru telah terbukti, semakin kita fokus dan semakin banyak sumber daya yang kita tanamkan untuk satu jenis produk/jasa, maka hasilnya akan lebih baik. Apa yang membuat Apple bisa sukses dengan iPod dan iPhone-nya? Mereka bisa membangun pasar kingkong games baru yang belum dipikirkan orang lain, mereka membuat inovasi baru, mereka mencari celah2 dimana konsumen belum puas dengan produk yang ada. Mereka membangun kekuatan merek dan loyalitas pelanggan, kebanggaan memakai produk mereka, gengsi dan gaya hidup. Mereka tidak serta merta membuat produk untuk sekedar menyaingi produk lain.

Kamu mungkin akan mendapatkan berbagai penolakan dari orang-orang sekitar, atau di lain waktu kamu justru akan merasa kewalahan dengan berbagai hal yang harus dikerjakan. Berbisnis sambil kuliah kini menjadi salah satu pilihan yang banyak ditempuh oleh para mahasiswa. Hal ini turut didukung dengan fleksibilitas waktu dan tenaga ekstra yang memungkinkan mahasiswa untuk mencoba peruntungan melalui kegiatan bisnis.

Kita harus menyadari bahwa, faktor bakat dan keberuntungan bukanlah satu-satunya yang dapat membuat seseorang berhasil menjadi pengusaha yang sukses. Merasa kurang percaya diri terhadap kemampuan wirausaha yang kita miliki, serta beranggapan bahwa kita dilahirkan bukan untuk menjadi pebisnis/ pengusaha, adalah salah satu pola pikir yang sangat keliru. Butuh usaha dan kerja keras dan tidak bergantung pada keberuntungan semata. Untuk menjadi kaya dan bahagia itu perlu usaha dan kerja keras, bukanlah suatu keberuntungan. Jadi, kita tidak harus menyusun rencana bisnis yang terlalu jauh yang nantinya malah memboroskan waktu, uang dan tenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *