9 Jurusan Populer Di Dunia Dan Prospek Karirnya Di Masa Depan

Jika depresi terjadi, dampaknya bisa jauh lebih parah dari resesi ekonomi, karena akan terjadi kebangkrutan massal di sektor Industri secara permanen dan bukan temporer. Dampak yang akan ditimbulkan jika Indonesia mengalami resesi ekonomi tidak main-main. Dilansir dari Kompas.com, pengamat ekonomi dari UGM, Fahmy Radhi, menjelaskan resesi menyebabkan pasokan atau supply pada barang akan menurun drastis, tapi permintaan tetap. Sehingga harga barang jelas pasti naik dan memicu terjadinya inflasi tak tekendali.

Sejumlah sektor industri pun alami kerugian akibat pandemi virus SARS-CoV-2 yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina, akhir tahun lalu ini, tak terkecuali industri pariwisata. Dalam mencari solusi ini dibutuhkan kebijakan-kebijakan yang progresif untuk dirumuskan bersama oleh para stakeholder yang berada dalam ekosistem nasional pariwisata sehingga mampu menjadikan pariwisata Indonesia adalah solusi kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Perubahan tidak saja terjadi dalam destinasi wisata , tetapi juga mempengaruhi pada bagaimana cara orang melakukan perjalanan menuju dan dalam suatu destinasi.

Jurusan ini mengharuskan kita mempelajari cara mempromosikan pariwisata suatu tempat. “Perbaikan-perbaikan pelayanan dan juga fasilitas bisa cepat beradaptasi dengan perubahan tren yang kemungkinan besar nanti akan terjadi di dunia pariwisata global. Sejumlah tren dan pergeseran diperkirakan bakal terjadi selepas pandemi misalnya referensi berwisata yang berubah menjadi berlibur sendirian, tertarik pada wisata kesehatan, wisata digital Bola Online, hingga staycation. Perubahan dan pergeseran pola wisata tersebut menjadi sangat penting untuk dipahami,” imbuh Dosen Notariat Universitas Warmadewa ini.

Kegiatan dimulai dengan mereview beberapa objek wisata di Sumba Timur, mulai dari kampung adat, situs budaya sampai wisata alam sebagai ruang untuk memperkenalkan peserta terhadap daya tarik wisata yang ada disekitarnya. Beberapa peserta, khususnya dari komunitas pegiat wisata dengan penuh semangat membagikan pengalaman mereka selama ini khususnya yan terkait dengan sikap dan perilaku masyarakat terkait pariwista ini. Menjadi pemandu wisata juga berarti kesempatan untuk berkenalan dengan banyak orang terbuka lebar. Wisatawan yang dilayani pun berasal dari berbagai lapisan misalnya pengusaha, intelektual, birokrat, aktivis sampai pada masyarakat biasa. Hal ini merupakan kesempatan emas untuk membangun relasi yang langsung atau tidak langsung, sekarang atau nanti akan berguna. Profesi sebagai pemandu wisata memang sangat menarik dan menantang, namun bukan berarti dapat terus digeluti sampai akhir hayat.

Lain halnya dengan atraksi wisata yang apabila sesuatu itu dipersiapkan terlebih dahulu agar dapat dilihat dan dinikmati.Atraksi wisata ini sifatnya adalah entertainment atau hiburan yang digerakkan oleh manusia seperti tari-tarian, upacara adat daan lainnya. Sumber daya alam, historis, budaya, dan lain-lain untuk kepariwisataan dikonservasi untuk pemanfaatan berkesinambungan di masa depan, dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekarang. Sejak tahun 2010 Hivos dan kementerian Energi Sumberdaya Mineral telah melakukan inisiasi program pengembangan pulau Sumba sebagai pulau ikonis energi terbarukan yang dikenal dengan sebutan SII atau Sumba iconic island. Menjadi seorang pemandu wisata merupakan suatu prestasi tersendiri di mana tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk melakukan tugas ini. Senang kan, kalau melihat banyak destinasi indah di Indonesia makin maju dan terkenal di mancanegara. Dengan majunya pariwisata, warga lokal juga akan terbantu perekonomian dan kesejahteraannya.

Melihat Pariwisata Indonesia dimasa depan

Meskipun terdiri dari berbagai macam suku, bahasa dan agama, kehidupan sosial masyarakat Indonesia tetap damai dan saling menghargai satu sama lain meskipun beda suku, bahasa maupun agama. Keberagaman ini mampu untuk dimaksimalkan masyarakat Indonesia untuk memunculkan suatu budaya lokal khas suatu daerah. Taufan yang juga penulis buku Protokol Destinasi ini berpendapat bahwa desa wisata bisa menjadi opsi dari new normal vacation spot.

Sultan B Najamudin pun mengucapkan selamat dan bangga atas pencapaian oleh putera kedua Presiden Republik Indonesia ke-6 tersebut. “Selamat untuk beliau. Saya mendengarkan langsung apa yang dipaparkan oleh Mas Ibas. Gagasan dalam disertasinya sangat menarik. Dan saya yakin skema yang diusungnya akan dapat digunakan sebagai salah satu rujukan pemerintah dalam membangun sektor pariwisata”, ujarnya. I Gede Ardika, kata Sandiaga, juga menetapkan dasar yang kuat dalam pembangunan kepariwisataan nasional yang lekat dengan khazanah budaya dan kekayaan alam.

Leave a Reply