5 Alasan Mengapa Anak Kuliahan Harus Memulai Berbisnis

Berasal dari keluarga miskin tak serta-merta membuat Bahlil Lahadalia menyerah terhadap hidup. Bahlil yang benar-benar mengawali karir dari titik nol kini telah menjadi seorang pengusaha sukses. Beberapa program strategis sudah disiapkan untuk membangun Kabupaten Bojonegoro, sebab pengalamannya di dunia usaha Nasional akan diterapkan di Kota Ledre jika terpilih nanti.

Berbeda dengan alumni SMA atau MA, Alumni SMK mempunyai tuntutan tersendiri dalam kesiapan kerja di lapangan. Masih menjadi suatu pertanyaan yang menghantui siswa kelas akhir. Selama pembelajaran di kelas, siswa SMK dibekali dengan keterampilan kerja sesuai dengan minat bidang masing-masing. Meski jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanyak jumlah lulusan yang dihasilkan. Saat ini, program praktik kerja industri atau yang dikenal dengan magang masih menjadi andalan sekolah dalam pembekalan siswa di dunia kerja.

Bersama dengan teman kampusnya, ia ingin menularkan virus kesuksesan dalam berbisnis pada adik-adik SMA nya melalui Synergy Entrepreneur Academy. Synergy Entrepreneur Academy adalah suatu konsep inisiasi untuk memberikan workshop #startup bisnis bagi para siswa SMA. Dari sini Nicho Kurniawan berharap mampu mencetak 5 juta pengusaha baru. Dengan sifat ulet, tegas, jiwa kokoh dan mandiri yang dimilikinya, Gibran pun berhasil mencapai kesuksesan tanpa harus mendompleng nama orang tua dan mengandalkan orang lain.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Namun pria dengan dua anak ini memilih mundur dari bisnis tersebut dan membangun perusahaannya sendiri yang ia namai Para Group. Sekarang, perusahaan tersebut kita kenal dengan nama CT Corp. Setelah menyelesaikan pendidikan SMA, Habibie tidak ingin melanjutkan kuliah karena pengalaman pahitnya dalam memperoleh akses pendidikan formal.

“Kalau kita tahu anak bermasalah dalam konsentrasi belajar, sebaiknya jangan dulu diizinkan,” tegas Zainun. Dengan demikian, anak akan memiliki permainan online keahlian mendasar untuk menjadi seorang pengusaha. Ia akan belajar mengetahui modal awal, harga jual, dan laba dari penjualan.

Obsesi saya yang utama adalah agar anak saya dapat memajukan bisnis lebih besar dari saat ini. Kalau tidak di-assist suami dan anak-anak, saya tidak akan sejauh sekarang. Karena kan butuh kerelaan juga dari anak-anak untuk waktu mereka yang terambil selama saya menjalankan bisnis.

Integrasi pendidikan kewirausahaan di dalam mata pelajaran dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pada semua mata pelajaran. Pada tahap perencanaan, silabus dan RPP dirancang agar muatan maupun kegiatan pembelajarannya memfasilitasi untuk mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan. a) Untuk mengembangkan , memupuk dan membina bibit atau bakat pengusaha sehingga bibit tersebut lebih berbobot dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang mutakhir. Oleh sebab itu, objek studi kewirausahaan adalah nilai-nilai dan kemampuan seseorang yang diwujudkan dalam bentuk sikap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *