10 Makanan Khas Karo Paling Enak Menjadi Incaran Wisatawan Makanan Khas Karo

Jika kamu tertarik belajar kebudayaan Jogja lebih dalam, datang saja ke 10 desa wisata terbaik di Jogja. Daerah istimewa ini merupakan salah satu destinasi liburan favorit di Indonesia. Tak hanya wisatawan domestik, wisatawan luar negeri pun senang jalan-jalan ke Jogja. Nah sepulang liburan dari Jogja, tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang. Inilah 18 daftar lengkap oleh-oleh Jogja yang wajib kamu beli untuk orang-orang tercinta.

Pecel merupakan makanan khas yang bisa kalian temui di setiap sudut Kota Madiun. Mulai dari harga ribuan hingga belasan, semua ada dan tersaji di kota ini. Berbicara tentang kuliner, Kota Madiun memiliki beragam makanan khas menggugah selera yang cocok dibawa kembali ke kota perantauan. Beberapa diantaranya merupakan makanan ringan yang paling banyak jadi incaran. Berikut daftar oleh-oleh khas paling banyak dicari dari Kota Pendekar yang berhasil madiuntoday kumpulkan.

Ada satu brand sirup markisa yang menjadi favorit wisatawan yaitu Sirup Markisa Malino. Sirup Markisa yang dibuat dari hasil buah markisa di perkebunan Malino. Citarasa minuman yang manis dan mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan.

“Ternyata Ratu senang. Getuk kami pun dikenal masyarakat dengan nama getuk Sirikit,” tutur Herry, mengenang. Agar rumput tidak berbau amis maka dimasak bersama kulit pohon cingkam, susu segar, serai, jahe, asam dan daun jeruk. Kemudian bagian perut sapi atau babat dan sumsum tulang sapi juga dimasak dan disajikan sebagai pelengkap hidangan ini. Walaupun terdengar menjijikkan namun rasanya sangat lezat dan juga memiliki khasiat untuk mengobati sakit perut.

Biasa ditemukan pada minuman es pisang hijau yang banyak dijual di Kota Makassar. Sirup DHT cocok Anda jadikan oleh-oleh saat berliburan di Makassar. Sebelumnya, rendang pernah masuk daftar 50 makanan terbaik di dunia versi CNN pada 2017. Tidak hanya rendang, saat itu nasi goreng pun masuk dalam daftar. Bukan berarti makanan khas ini terdiri dari 3 masakan yang berbda, namun ada tiga elemen masakan dalam 1 hidangan. Elemen yang pertama ayam dan juga jeroannya yang direbus dengan mencampur berbagai macam bumbu.

Oleh karena itu, tidak heran jika mantan presiden Amerika, Obama juga menyukai kuliner khas Indonesia seperti Bakso, Sate, nasi Goreng, dan lain sebagainya. Meski terbuat dari tanah liat, ampo juga memiliki manfaat ketika dikonsumsi. Dengan mengonsumsi makanan unik ini, orang Cirebon percaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Karena janur pembungkus berbentuk kerucut dapat dilorotkan alias diturunkan sehingga isiannya yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah ini dapat tampak. Sementara itu penikmat nasi sodu Sarwo Edi mengatakan rasa nasi sodu ini memang cukup khas dan gurih. Wangi dari daun pisang yang dijadikan lipatan pembungkus nasi juga memberikan aroma khas tersendiri. Uniknya, meski harganya cukup mahal, selain dijadikan ikan peliharaan, ikan mas ternyata juga bisa jadi hidangan lho!.

Beberapa jenis makanan tradisional kembali menjadi incaran masyarakat

Sarung Khas Bugis dengan bahan katun saja bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 40 ribu rupiah. Ada banyak varian rasa dari Mantao Pare yaitu pandan, cokelat, keju dan isian daging. Mantao Pare ini cocok Anda jadikan buah tangan dari Makassar karena memiliki rasa yang enak dan bentuknya yang lucu. Kue Benang-benang selain sebagai oleh-oleh khas biasanya oleh masyarakat Makassar digunakan untuk sajian di acara pesta pernikahan. Kue Benang-benang produksinya masih secara tradisional sehingga tidak salah bila kue ini masih terjaga citarasanya dari dulu. Kacang sembunyi ini menjadi incaran wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh Khas Makassar.

Makanan pedas berkuah dan beraroma kencur ini membuat bandung makin hits dengan masakan uniknya. Jika di kota lain kerupuk itu di goreng, di Bandung kerupuk itu direbus. Tak sedikit juga kaum ibu yang membuat makanan yang berasal dari Tiongkok ini. Makanan ringan yang memiliki beragam isi seperti kacang hijau, nanas, stroberi, pisang dan buah-buahan lainnya tersebut memiliki peluang usaha yang besar jika dikembangkan. Camilan yang berbentuk cincin ini selain bisa langsung dimakan bisa juga dijadikan sebagai pengganti kerupuk saat makan makanan berkuah. Lanting juga biasanya dijadikan makanan untuk oleh-oleh dari daerah Kebumen, Pringsewu dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *